Semangat Anak Jatam

Gambar *** sore itu hampir  memasuki malam , saya keluar dari ruangan saya untuk mengefresh diri saya di bantaya yang berada di depan kantor itu ” sambil menimang nimang sebatang rokok “

sesampainya di bantaya. saya melihat ada tiga orang teman .dua diantaranya teman saya dan satunya lagi Direktur saya namaya Syharudin ( Etal Douw) .

lalu saya menyalakan rokok saya. tanpa sengaja saya melontarkan sedikit kata kata saya kepada teman saya itu kiyat. ” siiiipp sudah kah kamu empat pergi ” tanyaku . .kiyat menjawabnya hanya dengan mengangguk ngangguk saja , , owww iya ” pikirku

tiba tiba Pa Etal bertanya  kepada kiyat yang pada saat itu kiyat lagi asyik menulis.di sampingnya ” sapa semua kamu berangkat besok ” tanya etal . saya fhay, upiek dan dani.” jawab kiyat sambil melirik upiek yang ada di sampingku. beberapa lama kemudian pak etal berdiri dan menuju ke tempat penyimpanan spidol. tiba tiba rudy datang dan duduk menghadap papan tulis tempat pak etal menjelaskan.

dal lalu dia menggambarkan cara untuk persiapan besok dan sampai di sana . ” pertama tama kamu harus cari tau pfrofil desa itu . kecamatan apa berapa luasnya berapa jumlah penduduknya dan pertanian di desa itu apa saja .dan profil perusahaan perusahaan apa berqpa luas.perusahaan di desa apa semua dia beroperasi dan apa saja dampak dari perusahaan itu.”  ungkapnya sambil melihat upiek dan kiyat secara bergantian.

meskipun saya tidak di berangkatkan tapi saya tetap memperhatikan penjelasan dari pa etal. setelah kamu mengetahui semua profil desa langsung cari kontak atau orang orang yang ingin melawan perusahaan itu. setelah itu kamu mengajak mereka berdiskusi dengan hormat kamu menyapa mereka supaya mereka merasa di hargai dan tidak menyimpan kecirigaan terhadap kita.” lanjutnya

sementara kamu diskusi kamu salah satu dari kamu bisa pinjam data mereka terus kamu foto kopi. setelah di foto kopi kamu berpura pura kalau kamu sudah mengambil data itu sebagian teman lainya mengahlikan pembicaran mereka, jangan sampai mereka menanyakan data tadi atau membahas data tersebut itu. kamu anggap saja biasa biasa dengan  suasana yang aman itu . lanjutnya. ‘

setelah  selesai menjelaskan , kamu paham dengan apa yang saya gambarkan di papan ini dan ini langkah awal untuk kamu lakukan , tanyaya pada kiyat dan upiek. iyaa saya mengerti . jawab upiek ” kiyat pun demikian.

setelah menjelaskan, tiba tiba ada seorang ibu datang dari dalam kantor sambil membawa sehelai kertas dan itu di tujukan pada pak etal untuk di paraf sebagai tanda bukti .

dan tak lama kemudian keluarlah fhay dari ruangan itu . kapan kamu berangkat. tanya etal  ‘ besok abis jum’at . jawab fhay sambil menyalahkan sebatang rokok. saat itu hari menghampiri magrib saya pun masuk kedalam utuk mandi. dan melanjutkan kembali tugasku yang sedikit lagi selesai. .

keesokan harinya  sekitar pukul 01 :24 , teman teman.  Fhay, Kiyat, Upiek dan  sudi.  langsung membunyikan motor untuk berangkat ,.yang ingin beragkat itu  fhay kiyat upik dan dani . hati hati di jalan broww .  kataku dengan upik. siiippppp ungkap upiek sambil memakai helm.

saya langsung masuk kedalam untuk menyelesaikan tugas saya. dan sekitar pukul 05 sore terdengar suara bunyi motor yang parkit di depan kantor tersebut. dan ternyata itu adik rudy indara. dia pun langsung masuk kedalam. sudah berangkat dorang upik .ungkapnya kepada ka rahma yang sedang di ruanganya. dia pun keluar,. aku pun demikian menemui indra yang bertanya, sudah berangkat tadi.. kataku pada indra, rudy mana dan ‘tanya indra padaku ‘ belum datang juga dari tadi pagi itu,,ungkapku . saya pun langsung masuk kembali keruanganku.’

saya mau bermalam di rumahnya temanku ini malam , ” ungkpa indra . owww iyaa ‘ kata ka rahma

dan indra pun pergi bersama temanya,

dingin mengusik diri saya di dalam ruangan, ‘ dan ka rahma pu pamit untuk pulang juga ke rumah. ini kunci de sapa tau etal mau tidur di sini .’ ungkapnya , saya pun mengambil kunci itu.

dan saya pun langsung menutup pintu yang di depan perpus. .

tiba tiba lagi terdengar suara motor , dan itu Anto , dengan pakaian setengah kuyup langsung melangkah ke bantaya yang di depan kantor. saya pun melihatnya dari jndela yang berada di belakang saya, dia pun melihat say. buka dulu pintu di depan soalnya saya mau kaase masuk motorku ,ujar anto sambil mengusap kepalanya yang terkena air hujan.

saya pun membukanya, dan kembali ketempat saya mengerjakan tugas saya, saya pun memutar musik biar susana tidak menjadi sepii. . .

asyi asyik mendengarkan musik saya pun keluar ke ruang TV dan mengambil remot dan mengaktifkan Tv.

Dedi dedi buka pintu.teriak suara dari luar kantor .  saya pun tidak berlama lama dari duduk saya menonton. kedengaranya seperti pa Etal..pungkasku , ‘ sambil lari lari untuk membuka pintu.

dan ternyata memang itu pak etal , saya melihatnya sudah sedikit basah terkena hujan, saya pun langsung masuk ke ruang dapur. kopi duluu ded. ujarnya ” siappppp ,; balasku,

setelah saya membuatkan kopi untuk di minumnya. saya melihatnya sedang berbaring di atas meja ruang yang ber-AC , kopi sudah jadi ” ungkapku . . .dia membuka mata sedikit saya pun langsung menyimpan secangkir kopi itu di sampingnya bersama hpnya.lalu dia menutupnya kembali matanya. mungkin saja dia kecapean atau kedinginan tapi kenapa ko dia berbaring dia atas meja lalu mengaktifkan AC.; pikirku .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s